Terapi untuk Gangguan Darah Tinggi/Hipertensi

HIPERTENSI atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan akibat penyakit, kebanyakan makan, kegemukan, kolesterol tinggi, pecandu rokok atau bawaan (keturunan).

Penyakit darah tinggi harus menghindari marah, mengurangi garam, makanan berlemak, minum kopi, minum-minuman keras, dan tidak boleh bergadang.

Sakit darah tinggi biasanya kepala pusing terutama bagian belakang, leher kaku dan nyeri, bahu keras, dan jantung kadang berdebar-debar. Serta badan cepat letih, lelah, tanpa sebab yang jelas.


Darah Rendah, Darah Tinggi, Darah Tinggi Usia Muda, Gejala Darah Tinggi, Makanan Darah Tinggi, Obat Darah Tinggi, Obat Tradisional darah Tinggi, Pengobatan Darah Tinggi

Penderita hipertensi pada umumnya berpotensi terkena serangan stroke, sakit jantung, ginjal, liver, dan pandangan mata minus. Untuk menormalisir tekanan darah dapat dilakukan atau diterapi luar maupun dalam.

Terapi dalam adalah dengan memberikan ramuan dari tumbuh-tumbuhan maupun akar-akaran. Tentunya yang berkhasiat membersihkan darah, membantu mengembalikan tekanan-tekanan, seperti: jus seledri, minum teh, makan lalapan daun mentah, serta istirahat yang cukup dan teratur.

Terapi luar adalah melatih atau memberikan rileksasi tubuh dengan pijat (massage).

Dimaksudkan untuk merangsang saluran darah supaya pembuluh menjadi lebar atau tambah besar, keras dan kenyal.

Sehingga darah di pembuluh dapat melancarkan penyaluran zat-zat dan makanan ke seluruh tubuh. Di samping itu, proses oksidasi dan penyaluran cairan sisa-sisa kotoran pembakaran ke dalam saluran pembuangan, seperti pori-ori, usus besar, urinaria menjadi lancar.

Gerak rangsang disalurkan melalui urat saraf sensorik dan motorik. Yakni dengan mengefektur (mempengaruhi) ganglion saraf yang terletak di simpul-simpul saraf. Pengobatan darah tinggi adalah ditekan, dipijat titik-titik:

C1-C3 pada arteria leher depan pinggir kiri (di bawah rahang yang bedenyut-denyut). T7, titik nyeri bagian ulu hati. Titik nyeri di jari tengah tangan kiri dan kanan. Titik-titik di pangkal kepala. Dan titik lelah di kiri kanan akar-akar tulang leher terutama tulang leher C1 dan C2. Otot-otot daerah tengkuk, bahu, dada dan punggung atas.

Darah tinggi merupakan gangguan metabolik.jadi, pengobatan sakit darah tinggi bersifat meringankan, mencegah, atau menyembuhkan. Oleh karenanya, penderita darah tinggi yang telah kronis harus sering konsultasi dokter. Penderita darah tinggi juga tidak dibenarkan olahraga berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar